“Mengenal Jurusan Teknik Informatika”
Apa Itu Teknik Informatika ?
Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang
secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan
memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui
proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih
banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa
perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai
bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.
Apa Yang Dipelajari di Teknik Informatika ?
Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik
Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan
keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk
memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti
lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar
materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa
bidang ilmu antara lain adalah :
1. Sistem Informasi
Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan
kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan,
pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak
2. Rekayasa Perangkat Lunak
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain
Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa
Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
3. Pemrograman dan Komputasi
Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis
permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem
Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
4. Arsitektur dan Jaringan Komputer
Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer,
Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor,
Jaringan Komputer dll.
Prospek Lulusan Teknik Informatika
Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang
kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang
aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya
perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan
perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik
Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik
Informatika antara lain :
Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software
Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer,
Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain
(perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau
dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll)
* Software Engineer
Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk
berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan,
telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak
untuk model dan simulasi.
* System Analyst dan System Integrator
Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu
instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan
memanfaatkan perangkat lunak.
* Konsultan IT
Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
* Database Engineer / Database Administrator
Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.
* Web Engineer / Web Administrator
Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan
fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan
untuk website tersebut dan mengembangkannya.
* Computer Network / Data Communication Engineer
Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan
pen gelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.
* Programmer
Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana
informa tika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang
perbankan, teleko munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan
lain-lain.
* Software Tester
Terkait dengan ukuran perangkat lunak, sarjana informatika dapat juga
berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab
atas kebenar-an fungsi dari sebuah perangkat lunak.
* Game Developer
Dengan berbagai bekal keinformatikaan yang diperolehnya termasuk
computer graphic, human computer interaction, dll, seorang sarjana
informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk
multimedia game.
* Intelligent System Developer
Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya,
seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang
perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer,
prediction system, data miner, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar